Pengujian Keamanan Jaringan Host Dan Server


A. Prosedur dan cara pengujian keamanan jaringan host dan server
Dalam rangka mengamankan host atau client dari serangan dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab, terlebih dahulu kita perlu mengenal banyak sekali macam serangan yang terjadi pada host kita.

B. Serangan
Serangan sanggup didefinisikan sebagai penyerangan terhadap keamanan sistem oleh bahaya berkecerdasan atau agresi dengan metode dan teknik tertentu guna mengecoh sistem keamanan dan melanggar kebijakan keamanan sistem. Serangan yang terjadi secara garis besar sanggup dikategorikan menjadi dua, yaitu :

1.Active attacks
Serangan jenis ini merupakan serangan dengan metode penyerangan secara eksklusif pada sasaran komputer, pada umumnya berupa serangan terhadap ketersediaan dan layanan komputer server sehingga sanggup berdampak pada integritas dan keaslian isu pada sistem.

2.Passive attacks
Serangan jenis ini dilancarkan dengan tanpa mengganggu kondisi sistem. Metode yang dilakukan yaitu dengan memantau kemudian lintas paketdata yang ada kemudian dilakukan analisis menurut frekuensi kemudian lintas paket datatersebut.

Ditinjau dari sisi organisasi, serangan sanggup juga dikategorikan menjadi dua, yaitu serangan dari pihak luar dan serangan dari pihak dalam.

1.Serangan dari pihak luar yaitu serangan yang berasal dari luar organisasi, pihak yang tidak mempunyai hak jalan masuk mencoba untuk melanggar kebijakan keamanan.

2.Serangan dari pihak dalam merupakan serangan yang dilancarkan oleh pihak dalam organisasi yaitu orang yang mempunyai wewenang atau hak jalan masuk namun disalahgunakan atau seseorang yang mencoba menaikkan tingkat hak aksesnya.

Setelah kita mengeatahui banyak sekali macam serangan jaringan yang terjadi pada host, kini pengujian keamanan jaringan host. Pengujian dilakukan untuk mengetahui masing-masing kemungkinan kelemahan pada komponen sistem yang diteliti. Metode pengujian digunakan yaitu Graybox testing . Grey Box Testing yaitu sebuah metodologi kombinasi dari Black Box dan White Box Testing, menguji software menurut spesifikasi tetapi memakai cara kerja dari dalam. Grey Box sanggup di gunakan dengan baik dalam software testing. dikenal juga dengan internal testing yaitu pengujian dengan perkiraan serangan tiba dari lingkungan network lokal. Pertimbangan akan kelebihan dan kekurangan dari komponen keamanan system,digunakan sebagai dasar penyusunan tawaran kebijakan keamanan.

C. Prosedur Pengujian
Proses pengujian yang dilakukan yaitu sebagai berikut:

1.Memastikan koneksi Host atau Client dengan DHCP,DNS File Sharing dan Printer Sharing sanggup bekerja dengan baik
2.Memastikan host tersebut mempunyai antivirus yang baik untuk membentengi host tersebut dari serangan dari luar
3.Memastikan firewall yang bekerja pada host tersebut berfungsi sebagaimana mestinya

Fungsi utama dari firewall yaitu untuk memusatkan jalan masuk control antara jaringan terpercaya dan jaringan tidak terpercaya.Firewall mempunyai fungsi keamanan berikut :

I. Melakukan pemblokiran terhadap lalul intas jaringan yang tidak diinginkan.
II. Mengarahkan kemudian lintas yang masuk pada sistem internal yang lebih sanggup dipercaya.
III. Menyembunyikan sistem yang rentan, yang tidak gampang diamankan dari internet.
IV. Membuat log kemudian lintas dari dan menuju jaringan pribadi.
V. Dapat memperlihatkan sistem autentikasi yang kuat.

D. Implementasi Firewall
Implementasi Firewall di Host
Personal Firewall didesain untuk melindungi komputer terhubung ke jaringan dari jalan masuk yang tidak dikehendaki. Implementasinya dengan menambahkan beberapa fitur pengaman pelengkap menyerupai perlindungan terhadap virus, anti spyware, anti spam.

Implementasi Firewall di Server
Network Firewall didesain untuk melindungi jaringan secara keseluruhan dari banyak sekali serangan yang umumnya dijumpai dalam dua bentuk, yaitu sebuah perangkat terdeteksi atau sebagai perangkat lunak yang diinstalasikan dalam sebuah server. Implementasinya dengan memakai Microsoft Internet Security and Acceleration Server (ISA Server), Cisco Pix, Cisco ASA.

Jangan lupa Quisnya Guyss....

Quis :
1. Sebutkan fungsi-fungsi keamanan firewall !
2. Apakah fungsi utama dari firewall ?
3. Mengapa pengujian firewall harus dilakukan ?
4. Sebutkan proses pengujian firewall !
5. Apakah perbedaan dari active attacks dan passive attacks ?


SEMOGA BERMANFAAT 😊😊

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Persyaratan Alat Untuk Membangun Server Firewall

Perbedaan Cidr Dan Vlsm

Pengertian Struktur Dan Unsur Cerpen Beserta Contohnya