Permasalahan Jaringan Lan Dan Pemecahannya


Selamat siang sobat. Dalam kesempatan kali ini aku akan membagikan ihwal Permasalahan Jaringan LAN dan Pemecahannya. Kalian tetntu pernah mengalami problem dikala memakai jaringan LAN. 

Permasalahan Jaringan LAN sering diakibatkan lantaran terjadinya kerusakan kabel, kerusakan HUB/Switch yang digunakan, atau sanggup juga dikarenakan kesalahan IP Address yang digunakan. Oke eksklusif saja kita bahas masalah-masalah pada Jaringan LAN dan cara mengatasinya.
1. Masalah jaringan lantaran kegagalan kabel jaringan
Merupakan problem jaringan yang umum kita temui akhir putusnya kabel jaringan yang sanggup mempengaruhi kinerja sebuah komputer dalam jaringan lantaran putusnya kabel patch anda lantaran digigit tikus; problem jaringan yang berdampak pada satu blok gedung lantaran putusnya kabel antar switch (uplink cable), atau bahkan berdampak pada sebagian besar komputer dalam jaringan lan anda lantaran kegagalan backbone cable.
2. Kerusakan pada Kabel dan konektor Jaringan
Kabel dan konektor untuk menciptakan jaringan LAN yang banyak dipakai ada 3 jenis yaitu:

a. Jenis kabel serat optik memakai konektor SC dan ST.
Gangguan atau kerusakan pada kabel dan konektor jenis serat optik sangat jarang, tetapi memerlukan penanganan secara khusus untuk perawatan jaringan.
b. Jenis Kabel UTP dengan konekor RJ45
Gangguan atau kerusakan pada kabel jenis ini yakni konektor yang tidak terpasang dengan baik (longgar), susunan  pengkabelan yang salah dan kabel putus. Indikasi yang dapat dilihat yakni lampu indikator yang tidak hidup pada kartu jaringan atau pada Hub/switch. 
c. Jenis kabel Coaxial dengan konektor BNC
Gangguan lantaran konektor yang longgar (tidak konek), kabel short dan kabel terbuka resistor pada terminating conector. Jika terjadi kerusakan pada kabel dan konektor jaringan yang disebabkan oleh suatu hal, solusinya kita lihat dahulu apakah kabel yang kita gunakan itu benar-benar tidak bias dipakai lagi atau masih bisa, kalau tidak kita perlu menggantinya dengan kabel dan konektor yang gres dan kalau yang rusak itu hanya pada konektornya namun kabelnya masih sanggup dipakai kita hanya perlu memgganti konektornya saja.
3. Masalah jaringan lantaran kegagalan piranti jaringan
Skala gangguan akhir dari kegagalan piranti jaringan juga sanggup bervariasi, dari hanya sebuah komputer lantaran kegagalan NIC – lan card, beberapa komputer lantaran kegagalan switch, atau bahkan berskala luas lantaran kegagalan pada switch central yang menghubungkan jaringan server. Untuk kegagalan lan card di salah satu komputer sanggup diganti dengan network card cadangan.
4. Gangguan atau Kerusakan pada Hub/switch
Jika Hub mengalami kerusakan berarti seluruh jaringan juga tidak sanggup berfungsi untuk berkomunikasi antar workstation atau komputer workstation dengan server. Apabila lampu indikator power Hub/switch mati berarti kemungkinan besar Hub tersebut rusak. Jika ada lampu indikator workstation yang tidak menyala menyatakan bahwa komputer workstation sedang tidak aktif (tidak hidup) atau ada gangguan pada komputer workstation tersebut.
Jika terjadi kerusakan pada HUB maka pertama kita harus mengecek apakah HUB yang kita gunakan memang sudah rusak atau hanya mengalami gangguan saja, namun kalau HUB yang kita gunakan memang benar-benar positif  rusak maka kita perlu menggantinya dengan HUB yang gres atau sanggup diperbaiki ditempat service khusus, namun saran kami lebih baik mengganti dengan yang gres selain kwalitasnya yang lebih manis biasanya biaya memperbaiki hampir sama dengan biaya membeli baru.
5. Masalah jaringan lantaran kegagalan system
Kegagalan system sanggup saja lantaran ada problem dengan DHCP server anda sehingga clients tidak mendapatkan IP address. Atau sanggup saja lantaran ada problem dengan system Directory Services anda sehingga clients tidak sanggup login ke jaringan. Atau sanggup saja lantaran ada problem dengan register nama pada system DNS anda.


Oke, sekian ihwal Permasalahan dan Pemecahan pada Jaringan LAN. Semoga bermanfaat bagi kalian semua.....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Persyaratan Alat Untuk Membangun Server Firewall

Perbedaan Cidr Dan Vlsm

Pengertian Struktur Dan Unsur Cerpen Beserta Contohnya