Persyaratan Alat Untuk Membangun Server Firewall



A. Pengertian Server Firewall
Firewall merupakan suatu cara/sistem/mekanisme yang diterapkan baik terhadap hardware , software ataupun sistem itu sendiri dengan tujuan untuk melindungi, baik dengan menyaring, membatasi atau bahkan menolak suatu atau semua hubungan/kegiatan suatu segmen pada jaringan langsung dengan jaringan luar yang bukan merupakan ruang lingkupnya. Segmen tersebut sanggup merupakan sebuah workstation, server, router, atau local area network (LAN) anda.

B. Filtering Server Firewall
Packet Filtering merupakan prosedur yang sanggup memblokir packet-packet data jaringan yang dilakukan menurut peraturan yang telah ditentukan.
Packet Filtering umumnya dipakai untuk memblokir lalu-lintas yang mencurigakan yang tiba dari alamat IP yang mencurigakan, nomor port TCP/UDP yang mencurigakan, jenis protokol aplikasi yang mencurigakan, dsb. Jenis jenis packet filtering :

Static Packet Filtering : jenis paket jenis filter yang diimplementasikan pada kebanyakan router, dimana modifikasi terdapat aturan-aturan filter yang harus dilakukan secara manual.

Dynamic Packet Filtering : apabila proses-proses tertentu disisi luar jaringan sanggup merubah hukum filter secara dinamis menurut even-even tertentu yang diobservasi oleh router (sebagai contoh: paket FTP dari sisi luar sanggup diijinkan apabila seseorang dari sisi dalam me-request sesi FTP).


PROXY
Proxy yaitu sebuah komputer server yang menyediakan suatu layanan untuk meneruskan setiap undangan user kepada server lain yang terdapat di internet. Atau definisi proxy server yang lainnya yaitu suatu server atau aktivitas komputer yang memiliki tugas sebagai penghubung antara suatu komputer dengan internet.

Cara kerja Proxy server prinsip kerja proxy server sangatlah sederhana, dikala user memakai layanan suatu proxy kemudian meminta file atau data yang terdapat di public server (internet) maka proxy akan meneruskannya ke internet jadi seakan-akan proxy tersebut yang memintanya. Dan dikala proxy server telah mendapat apa yang diminta oleh user, proxy akan memperlihatkan respon kepada user jadi seakan-akan dialah public servernya.

A. PERALATAN MEMBANGUN FIREWALL

Langkah langkah membangun server firewall

1. Mengidenftifikasi bentuk jaringan yang dimiliki. Mengetahui bentuk jaringan yang dimiliki khususnya topologi yang di gunakan serta protocol jaringan, akan memudahkan dalam mendesain sebuah firewall.

2. Menentukan kebijakan, Penentuan Kebijakan merupakan hal yang harus di lakukan, baik atau buruknya sebuah firewall yang di berdiri sangat di tentukan oleh kebijakan yang di terapkan. Diantaranya:

a. memilih apa saja yang perlu dilayani.
b. memilih individu atau kelompok yang akan dikenakan kebijakan tersebut.
c. memilih layanan yang akan diharapkan oleh pengguna jaringan.

3. Menyiapkan software atau hardware yang akan digunakan, baik itu operating system yang mendukung atau software khusus pendukung firewall menyerupai ipchains, atau iptables pada linux, dsb. Serta konfigurasi hardware yang akan mendukung firewall tersebut.


4. Melakukan tes konfigurasi
Pengujian terhadap firewall yang telah selesai dibangun haruslah dilakukan, terutama untuk mengetahui hasil yang akan kita dapatkan, caranya sanggup memakai tool - tool yang biasa dilakukan untuk mengaudit menyerupai nmap. Bastion Host ialah sistem/bagian yang dianggap kawasan terkuat dalam sistem keamanan jaringan oleh eksekutif atau sanggup disebut bab terdepan yang dianggap paling berpengaruh dalam menahan serangan, sehingga menjadi bab terpenting dalam pengamanan jaringan, biasanya merupakan komponen firewall atau bab terluar sistem publik. Umumnya Bastion Host akan memakai sistem operasi yang sanggup menangani semua kebutuhan (misal , Unix, linux, NT).


Seperti biasa, di selesai postingan saya niscaya ada Quisnya. Jangan lupa dijawab yaa

Quis :
1. Jelaskan pengertian server firewall dengan bahasamu sendiri !
2. Apa yang dimaksud dengan Static Packet Filtering ?
3. Sebutkan langkah-langkah membangun server firewall !
4. Apa yang dimaksud dengan Proxy ?
5. Apa yang dimaksud Dynamic Packet Filtering ?


Sekian dulu postingan saya, biar bermanfaat 😊

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Cidr Dan Vlsm

Pengertian Struktur Dan Unsur Cerpen Beserta Contohnya